Saturday, 22 September 2018

MANGKOK CINA KUNO MOTIF - #AC17




MANGKOK CINA KUNO MOTIF
Item Code : AC 17

Pecah belah ini adalah salah satu dari beberapa koleksi benda pecah belah lama / tua yang baru saya dapat dari beberapa tempat di Banjarmasin dan sekitarnya.
Benda-benda ini kebanyakan didapat dari para penggali yang secara tidak sengaja menemukan gerabah kuno atau di sungai diseputar Banjarmasin atau memang koleksi (simpanan) lama orang.
Hubungan Cina dengan beberapa wilayah di Nusantara termasuk Kalimantan sudah dimulai sejak jauh beberapa abad lalu, bahkan banyak keramik cina tua abad 12-14 yang masih disimpan Orang Dayak dan keramik tersebut menjadi suatu benda pusaka mereka dan hanya dikeluarkan pas acara-acara tertentu saja.
Pecah belah Cina dan Eropa abad 12-19 memang banyak tersimpan di Bumi Nusantara ini , salah satunya di wilayah Kalimantan Selatan. Beberapa sudah ditemukan, beberapa lagi menunggu untuk ditemukan :)
Mangkok ini kuat dugaan berasal dari era Dinasty Qing abad 19.
Mangkok seperti ini biasa banyak ditemukan dibeberapa Sungai di Kalimantan Selatan bersama beberapa pecah belah cina lainnya.
Sedangkan fungsinya bisa mangkok untuk minum arak atau mangkok makan biasa.

Material : Keramik
Motif : Relief tanaman berwarna biru
Warna : krem
Origin : Cina
Daerah Temuan : Banjarmasin – Kalimantan Selatan
Dimensi -/+ :
- Tinggi : 5cm
- Diameter : 13cm
- Tebal : 4mm
- Berat : 253 grams
Kondisi :
- Sejauh yang saya lihat dan cek, beberapa bagian yang menurut saya "rusak" karena usia saya tandai dengan tanda merah pada photo. (lihat photo di atas). Rusak tersebut masih termasuk wajar untuk benda yang sudah berusia beberapa abad dan memang biasanya ditemukan dalam timbunan tanah.
- Silahkan Anda lihat photo-photo di atas dan nilai sendiri :)

HARGA : 200.000,- IDR