Monday, 17 September 2018

KERIS BANJAR KALIMANTAN SELATAN, LURUS, BROJOL - #TAN-ST475















KERIS BANJAR KALIMANTAN SELATAN, LURUS, BROJOL
Item Code : TAN-ST 475

Beberapa waktu lalu kami mendapatkan beberapa puluh senjata tua diantaranya keris di beberapa lokasi di Kalimantan Selatan.
Dulu merupakan simpanan atau koleksi dari seorang kolektor yang sudah wafat. Keturunannya tidak ada yang merawat koleksi beliau tersebut. -/+ sejak tahun 1950 an senjata-senjata tersebut ditaruh begitu saja dalam peti kayu yang mereka letakan di atas loteng plafon rumah. Suhu yang lembab, panas, kering, dan rembesan air membuat sekitar 80% kelengkapannya rusak dimakan rayap dan lapuk terkena rembesan air. Beberapa senjata terpaksa dihancur warangkanya karena bilah menyatu dengan kayunya.
Memerlukan waktu -/+ 2 bulanan untuk kami bisa perbaiki kembali dan ganti kelengkapannya yang rusak dengan kelengkapan yang baru tapi masih dengan model khas Banjar – Kalimantan Selatan.
Berbicara tentang senjata di Kalimantan Selatan tidak lepas dari pengaruh budaya senjata dari Tanah Jawa, Melayu, Bugis dan beberapa budaya lainnya seperti Eropa.
Yang lebih dominan adalah pengaruh dari Jawa terutama Keris. Dan Senjata badik yang banyak terpengaruh gaya dari senjata khas Bugis (Sulawesi).
Kalau berbicara sejarah akan panjang dibahas disini. :)
Abad 5 – 6 masehi wilayah Kalimantan Selatan sudah ada hubungan dengan kerajaan Melayu pecahan dari Sriwijaya.
Dan abad 14 an merupakan puncak dari masuknya budaya keris dari Tanah Jawa mulai era Majapahit. Hubungan ini terjadi karena adanya perdagangan dan perkawinan antara bangsawan Banjar dengan Majapahit.
Dilanjutkan lagi pada era Demak abad 16 an.
Selain itu masuknya keris ke Kalimantan Selatan juga karena adanya peperangan. Lebih detailnya bisa Anda download di artikel diweb ini.
Keris – keris di Banjarmasin , Kalimantan Selatan merupakan keris yang zaman dulu dibawa langsung dari tanah Jawa. Pembuatan langsung keris di Kalimantan Selatan baru dimulai sekitar abad 18 – 19 an.
Oleh karenanya keris tua di Kalimantan Selatan tidak berbeda dengan keris dari Jawa, Melayu dan Bugis. Hanya biasa disini namanya ada beberapa yang berbeda juga nama pamornya. Tapi ada pula yang sama dengan nama Jawa.
Keris Banjarmasin yang mempunyai ciri khusus biasa tempaan / buatan abad 19 ke atas. (Dari berbagai sumber)


KETERANGAN :
- Kategori : Keris Lurus
- Nama (Dhapur) : Brojol
- Pamor : Kulit Semangka Uyahan
- Origin : Kalimantan Selatan
- Approx Age : > 100 years old
DIMENSI -/+ :
- Panjang Bilah : 30,5cm + Hulu : 38,5cm
- Lebar bagian ganja keris : 5,2cm
- Tebal bilah dari ujung ke pangkal : 0,8mm – 7,2mm
- Berat bilah + Hulu : 138 grams
KELENGKAPAN :
- Hulu khas Kalimantan Selatan model “Hampulur Jagung” terbuat dari tanduk menjangan dan difinishing pernis coklat lalu dikombinasikan dengan kili-kili (mendak – Jawa) terbuat dari logam
- Kumpang atau sarung bilah terbuat dari kayu mahar berbentuk Bigi Hampalam (Biji Mangga)
KONDISI :
- Bilah keris masih cukup tebal dan kokoh, keris dikategorikan keris tua yang utuh.
- Bilah hanya dibersihkan (diputihkan) dan diberi minyak saja sebagaimana lazimnya senjata milik orang Banjar, Kalimantan Selatan jarang yang diwarangi seperti senjata di Pulau Jawa
- Kelengkapan buatan baru
- Bilah keris tua ! Original old quarantee !
- Silahkan lihat photo-photo di atas dengan baik

HARGA MAHAR : 1.250.000,- IDR