Tuesday 25 September 2018

PALEMBANG SULTANATES TIN PITIS COINS - KOIN KESULTANAN PALEMBANG - #910 - SOLD !







PALEMBANG SULTANATES TIN PITIS COINS - KOIN KESULTANAN PALEMBANG
Item Code : 910

Tin Pitis Kesutanan Palembang
- Circa 16th-18th Century
Koin ini dipakai sebagai mata uang pada era Kesultanan Palembang
Sekitar abad 16-18 an masehi.
Terbuat dari timah, kondisi campur. Ada yang bagus (Tulisan masih terbaca jelas) dan yang kurang jelas terbaca.
Ready Stock 2500 Keping

HARGA : SOLD OUT !!!

NB : Kondisi campur, tidak bisa pilih2, tergantung stok koin yang tersisa. Rata-rata kondisi seperti yang terlihat diphoto atas. Kondisi koin sudah bersih.

==========================================================

Artikel
Menurut Wiliam Marsden tahun 1811 dalam buku History of sumatra, mata uang Palembang yang dikeluarkan oleh Kesultanan Palembang Darussalam disebut pitis. Digunakan terutama antar penduduk Kesultanan Palembang Darussalam. Untuk perdagangan dengan orang asing memakai mata uang Spanyol. Terbuat dari campuran timah hitam dan putih. Uang ini berlubang di tengah yang berbentuk bujur sangkar (seperti uang kepeng Cina). Pitis dirangkai sebanyak 500 keping. Menurut Verhandelingan van het bataviaasch Genootschap, setiap 16 rangkai bernilai 1 dolar. Jika ditimbang, emas 1 tail dianggap 1/10 kati atau senilai 2/4 dolar spanyol.
Dari gambaran yang disampaikan Wiliam Marsden tersebut, tampaknya uang pitis tersebut adalah uang Palembang adalah uang yang tertulis ” alamat sulthan”. Memang uang ini berbentuk bulat, dengan lubang bujur sangkar.
Wiliam Marsden tampaknya tidak mengetahui, bahwa uang Kesultanan Palembang bukan hanya itu, ada juga koin Palembang berbentuk bulat tanpa lubang, koin segi enam dengan lubang segi enam dan lain-lain. Dan ada juga uang Kesultanan Palembang yang terbuat dari tembaga.
Sumber : http://koinpalembang.blogspot.com/2009/01/alamat-sultan.html

No comments:

Post a Comment