Thursday 26 November 2020

KERIS SAJEN MAJAPAHIT - 4605 - SOLD !

 SISI 1







SISI 2





KELENGKAPAN





KERIS SAJEN MAJAPAHIT
Item Code : 4605
 
Keris Sajen, adalah penamaan terhadap keris sederhana, kecil, dan terkadang hulunya menyatu dengan bilahnya. Hulu keris yang juga terbuat dari logam umumnya berupa gambaran manusia yang distilir. Keris sajen kebanyakan hanya berpamor sanak. Sedangkan gambaran pamornya umumnya adalah pamor Adeg. Pada buku-buku mengenai keris yang ditulis oleh orang Barat, keris sajen ini biasanya disebut dengan istilah Keris Majapahit, padahal menurut buku-buku keris dari kepustakaan keraton serta karya pujangga-pujangga kita, keris tangguh Majapahit selalu indah dan tinggi mutunya, tidak sesederhana keris sajen.
 
Keris sajen dibuat khusus untuk keperluan sesaji, terutama pada upacara bersih desa atau upacara lain yang berkaitan dengan kekuatan alam gaib. Keris itu diletakkan di tengah barang sesaji, dan sesudah upacara selesai keris itu dilarung. Itulah sebabnya, banyak keris sajen yang dijumpai sebagai barang temuan di tengah sawah, di pinggir, atau di tanah peladangan.
Keris sajen banyak yang sudah tidak utuh karena ada bagian bilah yang termakan karat. Hal ini disebabkan karena pada umumnya keris semacam ini ditemukan dalam keadaan tertimbun tanah karena memang tidak dipelihara. Karena keadaan barang yang telah rusak dan keropos itulah, sebagian orang yang kurang paham mengenai budaya keris sering mengatakannya sebagai keris yang amat bertuah. Bahkan oleh kalangan tertentu, keris itu kadang-kadang di tanjeg sebagai keris yang ampuh.
 
Keterangan :
Kategori : Keris Lurus
Dhapur (nama) : Keris Sajen
Pamor : Adeg Malela
Tangguh : Majapahit ca 14th – 15th cent ad (blade)
 
Dimensi -/+ :
-Panjang Bilah + Handel : 25,5cm
-Lebar bagian ganja (pangkal) keris : 3,4cm
-Tebal bilah dari ujung ke pangkal : 2mm – 5mm
-Berat bilah : 93 gram
 
Kondisi :
-Bilah dalam kondisi utuh dan sangat bagus
-Bilah tidak diwarang, warna karena patina dan karat
-Besi keris padat, pulen. Sangat bagus !
-Warangka buatan lama , bukan bawaan keris karena keris ini kami dapat hanya bilah ditutupi sarung terbuat dari kulit (akan kami sertakan jika dikirim nanti)
-Selebihnya silahkan lihat photo2 detail diatas dengan baik.
 
HARGA MAHAR : TERJUAL !

No comments:

Post a Comment