Tuesday, 22 June 2021

ANTIQUE OLD BANJARESE TALISMAN CEMATI

...





 Sekilas tentang Cemati Banjar. 
Cemati ini oleh pelakunya bisa juga berfungsi sebagai senjata untuk mempertahankan diri kalau dipukulkan ke orang lain, konon pohon pun kalau dipukulkan akan menjadi kering dan jika cemati yang menurut mereka sangat kuat bisa mematahkan batang pohon,
karena cemati ini mempunyai sifat panas. Untuk rnenyembuhkan orang yang terkena pukulan cemati ini, yaitu dengan cara meminum air rendaman dari cemati itu sendiri. 
Pantangan dalam penggunaan cemati ini adalah jangan dipukulkan pada sembarang benda/sesuatu, jangan dipakai untuk menyakiti orang lain selain mempertahankan diri, karena akan membuat Cemati menjadi lemah khasiatnya. 
Umumnya dibikin dari kayu ulin, gaharu, atau jenis kayu lainnya, dengan besarnya bervariasi tergantung kemauan dari yang membuatnya. 
Di tengahnya diberi lubang untuk memasukan rajah. Cemati biasa dipakai sebagai ujung tasbih dan dilingkarkan di leher, bisa juga berbentuk kecil agar bisa dibawa kemana saja, bahkan ada cemati yg besar dan panjang seperti tongkat komando dan biasa dibawa oleh orang² berpengaruh, seperti pemimpin atau orang besar dan ulama pada zaman dahulu. 
Dikatakan KH Syaifuddin Zuhri dalam majelis yang di asuh beliau, ulama yang memberikan cemati pada Soekarno adalah ulama karismatik asal Banjar.
(Sumber artikel : FB Kesultanan Banjar)

Bahan : Kayu
Panjang -/+ : 38cm - 40cm
Origin : kalimantan Selatan
Approx Date : 1920-1930s
Kondisi : 
- Old made , antik, buatan lama
- Fisik masih bagus, silahkan cek photo di atas
Nb : Harga tercantum adalah harga satuan. Borong langsung diskon

HARGA : @2.000.000,- Idr

No comments:

Post a Comment