Monday 16 September 2019

JAM WEKER MERK POLARIS, CINA 80s - #AC06

jam weker antik





JAM WEKER MERK POLARIS, CINA 80s 
Item Code : AC 06 

Jam weker buatan Cina tahun 1980an ini masih berfungsi dengan baik. Alarm nyaring dan tepat waktu. Mesin mekanikalnya masih berfungsi dengan baik. Biasa 1 x putaran full bisa 1x48 jam. Merk Polaris. Body jam terbuat dari besi, berbentuk bunga dengan finishing cat warna krem.
Selama jam berputar, burung dalam sangkar akan bergerak-gerak ekornya.

Made in China 1980an
Dimensi :
Diameter : 13cm
Tinggi : 14cm
Kondisi :
- Mesin berfungsi dengan baik.
- Putaran manual lengkap
- Warna masih asli bawaan pabrik.
- Kaca cembung. utuh tidak ada retak.
- Lapisan krom pada jam masih bagus, mengkilap
- Selebihnya silahkan cek photo2 diatas

HARGA : 230.000,- Idr


==========================================================

SEJARAH JAM WEKER
Jam weker atau beker adalah jam untuk kamar tidur yang dilengkapi dengan alarm (lonceng) yang bisa disetel untuk berbunyi pada jam dan menit yang ditentukan. Jam weker dipakai untuk membangunkan orang yang sedang tidur atau sebagai alat pengukur waktu. Hampir semua jam weker memiliki sebuah tombol yang bisa ditekan agar dering lonceng (bunyi alarm) bisa berhenti.

Selain jarum pendek dan jarum panjang, jam weker mekanis memiliki jarum ketiga atau cakra angka yang menunjukkan pukul lonceng akan berbunyi. Jam weker dengan penggerak berupa pegas memiliki pegas terpisah untuk menggerakkan pemukul lonceng. 
Jam weker eletronik dengan tenaga penggerak baterai atau listrik menggunakan sirkuit elektronik dan pengeras suara untuk mengeluarkan bunyi. Selain dering lonceng, bunyi yang dikeluarkan jam weker bisa berupa rekaman suara manusia, suara hewan, hingga lagu dari radio. 
Seiring kemajuan zaman, fungsi jam weker banyak digantikan fungsi alarm yang terdapat dalam produk elektronik seperti telepon genggam, perangkat stereo/video, atau komputer pribadi.

Jam weker mekanis yang pertama diciptakan pengrajin jam dari New Hampshire bernama Levi Hutchins pada tahun 1787. Jam buatannya lebih mirip jam lemari daripada jam weker sekarang. Tingginya sekitar 73 cm dan lebarnya 36 cm. Jam tersebut hanya bisa berbunyi setiap pukul 04.00 pagi, saat penciptanya harus bangun untuk bekerja. Pada waktu itu, Hutchins tidak tertarik untuk menjual penemuannya tersebutSetelah semakin banyak orang bekerja di pabrik, bangun pagi pada waktu yang sama menjadi kebutuhan banyak orang. Pada tahun 1876 Seth E. Thomas dari Thomaston, Connecticut menciptakan jam weker mekanis yang pertama. Hak paten nomor 183,725 diterimanya tanggal 24 Oktober 1876 untuk jam yang bisa disetel agar berbunyi pada pukul yang diingini. Namun jam weker ciptaan Seth Thomas belum memiliki tombol untuk menghentikan dering lonceng
 (Sumber : Wikipedia)


No comments:

Post a Comment