Thursday, 13 September 2018

LAMPU MINYAK PETROMAX GANTUNG - #3430
















LAMPU MINYAK PETROMAX GANTUNG
Item Code : 3430

Pada tahun 1960-1980an para pedagang di beberapa pasar malam khususnya Pasar Blauran di Banjarmasin sering menggunakan lampu minyak seperti ini. Kalau disini namanya lampu setrongkeng (mungkin maksudnya strom king) :D. Para pedagang kebanyak nyewa dari bandar lampu seharga 250-500 rupiah permalam.
Memasuki tahun 1990an lampu listrik perlahan mulai menggantikan fungsi dari penerangan para pedagang, sehingga kini lampu minyak ini kebanyakan teronggok dalam gudang atau di toko-toko tua di Banjarmasin.
Lampu minyak petromax ini saya dapat dengan kondisi fisik sebagaimana yang terlihat diphoto-photo atas. Tanpa sarung lampu dan tidak pernah saya tes fungsinya. Hanya tabung minyak yang saya cek tidak bocor, begitupula pompa dan alat-lat lainnya yang masih dalam kondisi bagus.

Sekilas tentang lampu petromax
Petromaks, lampu ajaib ciptaan Max Graetz yang dipatenkan pada tahun 1910 (seumur dengan usia Pabrik Semen Padang). Lampu ini merupakan upaya mengoptimalkan hasil pembakaran minyak tanah menjadi sumber cahaya.
Dengan tambahan tekanan (pressure) udara dan temperatur tinggi, maka terjadi sublimasi oktan minyak tanah pada nozzel. Semburan uap minyak panas ini kemudian didistribusikan melalui VA-burner yang berakhir sebagai pijaran bara api pada serat nilon atau asbes, yang memendarkan warna putih keperakan dengan intensitas ansi lument-nya lebih dari bola lampu konvensional 100 watt.
Dimensi -/+ :
- Tinggi : 40cm
- Diameter Bawah : 17cm
- Diameter Caping : 34,5cm
- Berat : 2,7kg
- Perkiraan berat setelah paking kena volume : 4kg
Kondisi :
- Fisik lampu sama dengan yang terlihat di atas, ada karat
- Lampu tidak berfungsi , perlu diperbaiki
- Kaca merk butterfly
HARGA : 400.000,- IDR