Friday, 12 October 2018

BANJARESE TALISMAN, PELURU PITUNANG, IRON BALL TALISMAN - #443




BANJARESE TALISMAN, PELURU PITUNANG, IRON BALL TALISMAN
Item Code : 443

Banyak nama yang berkaitan dengan benda bulat terbuat dari besi padat ini diantaranya.
Iron Ball Money, Iron Talisman, Duit Peluru, Peluru Pitunang, Buntat Besi, Peluru Bahari.
Beberapa keterangan yang saya himpun hanya diketahui kalau benda ini dibuat pertama kali pada era Agama Hindu menjadi agama Mayoriyas di Nusantara, daerah Sumatera kemudian menyebar ke Jawa dan Bali.
Relief pada benda ini awalnya berupa tanaman, binatang seperti naga,  ular, ayam, burung, dan beberapa symbol-symbol tertentu. Dan fungsinya lebih sebagai jimat dengan maksud tujuan tertentu seperti untuk perlindungan, pesona, kedigjayaan. dan sebagai media persembahan kepada dewa-dewa.
Semenjak agama Islam Masuk Indonesia sekitar abad XIII-XIV. Benda ini mengalami perubahan relief, dengan adanya tulisan Arab Melayu, kemudian benda ini menyebar sampai ke Kalimantan khususnya Kalimantan Utara dan Timur, dan beberapa wilayah di Semenajung Malaya, sumatera dan Jawa.
Dan benda ini dibeberapa tempat dijadikan sebagai Mata Uang atau media berter dalam berniaga.
Benda ini masih dibuat sampai tahun 1950 di Surabaya, Jawa Timur.
Namun lebih diperuntukan sebagai Jimat (Talisman). biasa disebut juga dengan nama Javanese Iron Ball Charms. Konon rajah tulisan Arab di benda ini diambil dari kitab Mujarabat.
(Magic Coin of Java, Bali, and The Malay Peninsula by Joe Cribb, page 275, fig 13-14)

Photo diambil dimuseum Sultan Adam - Banjarmasin

diluar negeri Iron Ball ini juga sering dibicarakan, mereka menyebutnya "Iron Talisman"
Di Indonesia Iron Ball money mempunyai banyak nama diantaranya ; Peluru Pitunang, Buntat Besi, atau Peluru Bahari, sedangkan di Semenajung Malaya biasa dinamakan Uang Peluru.
Mereka percaya benda ini sebagai jimat, memiliki ini akan dipercaya dapat membantu Anda mendapatkan target yang tepat ketika membidik sasaran ketika Anda pergi untuk berburu atau berperang. Meskipun Anda menembak ke selatan dan target terletak di utara, Anda tidak akan pernah melewatkan target Anda. Bahkan konon jika peluru dibawa naik pesawat maka pesawat tersebut tidak akan bisa terbang. waullahualam..............

Material : Besi
Diameter : 15mm
Approx Date : ca 1930 - 1980 ad

HARGA : 100.000,- IDR / PC