Thursday 22 October 2020

BULI-BULI KUNO (6) - #4583 - SOLD !

 








Buli-buli adalah benda dengan bentuk seperti guci tapi berukuran kecil, biasa terbuat dari tanah liat lalu dilapisi / glasir keramik atau tanpa lapisan, terracota.
Buli buli pada zaman dulu berfungsi sebagai tempat penyimpanan, bisa untuk penyimpanan serbuk obat, bumbu, minyak obat, bahkan serbuk racun.
Penyebaran buli-buli seperti ini hampir diseluruh Nusantara, tersebar karena adanya perniagaan dengan dengan pedagang dari negeri cina sejak abad 13
Perolehan buli-buli kuno seperti ini biasa didapat dari temuan galian tanah, temuan sungai, dan temuan di dasar laut, biasa dikarenakan adanya kapal karam didaerah tersebut, dan bisa pula didapat dari warisan peninggalan turun temurun dari leluhurnya.

kondisi buli-buli diatas tergolong barang kuno utuh, lukisan tanaman berwarna biru pada badan buli-buli masih terlihat walau mulai pupus, Glasir porselin masih terasa diraba, kesan rabaan masih licin terasa bagian luar dan dalam buli-buli, walau glasir sudah tidak mengkilap lagi. Bagian bawah buli-buli terkorosi (cek photo 5,6, dan 7)

KETERANGAN :
Nama : Buli buli
- Fungsi : wadah penyimpanan
- Material : Tembikar 
- Warna : dasar abu-abu dilukis motif tanaman warna biru
- Daerah Temuan : Sei Musi, Palembang
- Origin : Cina est dinasti ming abad 14-15 cent ad

Dimensi -/+ :
- Tinggi : 4,8cm
- Diameter mulut (atas) : 2,5cm
- Diameter tengah : 4,6cm
- Diameter bawah : 3,2cm
- Berat : 64 gram

HARGA : 290.000,- Idr



No comments:

Post a Comment