Wednesday, 8 September 2021

KERIS SAJEN, TUA, KERIS ERA KUNO - #4664

 .

















Keris Sajen merupakan keris sederhana, mini, dan kebanyakan hulu atau gagangnya menyatu dengan bilahnya. Hulu keris yang juga terbuat dari logam wesi aji, umumnya berupa gambaran manusia (putut) yang beragam bentuknya. Keris sajen kebanyakan hanya berpamor sanak atau merambut dan gambaran pamor Adeg. Selain unik, keris ini juga memiliki bilah sama dengan keris pada umumnya, ada yang lurus juga yang ber Luk. 

Dari berbagai sumber keterangan, keris sajen yang amat sederhana ini, biasanya disebut dengan istilah Keris Majapahit. Padahal menurut keterangan dari kepustakaan keraton serta karya pujangga-pujangga kita, keris tangguh Majapahit selalu indah dan tinggi mutunya, tidak sesederhana keris sajen. 

(Sumber photo : http://www.gusmul.us/sesaji-sajen/)

Itulah sebabnya, banyak keris sajen yang dijumpai sebagai barang temuan di tengah sawah, di pinggir hutan, atau di tanah peladangan. Keris sajen banyak yang sudah tidak utuh karena ada bagian bilah yang termakan karat. Hal ini disebabkan karena pada umumnya keris semacam ini ditemukan dalam keadaan tertimbun tanah karena memang tidak dipelihara. Karena keadaan barang yang telah rusak dan keropos itulah, sebagian orang yang kurang paham mengenai budaya keris sering mengatakannya sebagai keris yang amat bertuah. Bahkan oleh kalangan tertentu, keris itu kadang-kadang di tanjeg sebagai keris yang ampuh. Namun, apapun alasannya keampuhan dan tuah sebuah keris tetaplah tergantung si pemegangnya.

Keris sajen koleksi goedangdjadoel di atas didapat dengan kondisi yang masih sangat utuh, material keris ditempa dengan tehnik tempa lipat, dan menghasilkan alur garis garis halus pada permukaan besinya. 
.

Keterangan item :
Nama : Keris Sajen / Keris Sajen Putut
Bentuk Bilah : Lurus
Pamor : Sanak
Daerah temuan : Pulau Jawa
Approx Date : 15-16 cent ad (tangguh Majapahit) 

Dimensi -/+ :
Panjang bilah : 24cm
Panjang bilah keseluruhan : 30,7cm
Lebar bilah bagian pangkal : 4,4cm
Tebal bilah dari ujung ke pangkal : 1mm - 5mm
Berat bilah : 84 grams

Kelengkapan :
Warangka / sarung keris terbuat dari kayu, kemungkinan kayu timaha. 

Kondisi :
- Bilah utuh dan masih cukup tebal
- Warangka tua
- Fisik keris sesuai dengan photo2 yang kami sajikan di atas

Silahkan jika berminat hubungi kami di WA 087815665666 


HARGA ; 2.450.000,- Idr

No comments:

Post a Comment